Wanita-Muslimah Yahoogroups.com

RSS to JavaScript

Mbak Rita

Ardi Cahyono

Idiosyncracy

Mas Arcon

Opotumon

Map IP Address
Powered by

Selamat datang, sugeng rawuh ..

Apapun tujuan Anda membuka Blog ini, saya tetap selalu mendoakan semoga hari-hari Anda selalu indah, semoga bahagia selalu menyertai, dan yang penting semoga mbesuk-nya husnul khatimah dan masuk surga, terserah mau surga versi yang mana :-) ..

Catatan: Tidak terima kritik, karena kritik itu artinya "keri tur setitik"

 

Custom Search

Wednesday, June 18, 2008

Rengeng-Rengeng : Kado buat si Bill

Sejak berkenalan dengan komputer, baru kali ini saya bisa jengkel dan tersenyum sekaligus menghadapi ulah virus. Jengkel, karena sempat panik komputer tidak bisa berfungsi secara normal dan 'shut-down' sendiri terus menerus. Butuh waktu lumayan lama untuk bisa mengembalikan komputer berfungsi seperti sedia kala. Namun kemudian saya tersenyum saat mendapat informasi lengkap tentang virus tersebut, terutama setelah membaca pesan yang dibawanya : "I just want to say LOVE YOU SAN!! billy gates why do you make this possible ? Stop making money and fix your software!!".

Tidak sulit ditebak, saya sedang ngomong tentang "WORM_MSBLAST.A" atau dikenal juga dengan nama alias "W32.Blaster.Worm" serta alias-alias lainnya. Sebuah worm atau virus yang belakangan ini melanda dunia, terutama bagi pengguna Windows 2000, 2003 dan Windows XP. Tentang si "billy gates" dalam pesan itu, rasanya tidak perlu diperkenalkan lagi siapa dia.

Jika Anda pengguna Microsoft, tentu pernah dibuat jengkel oleh "ulah" microsoft. Bagaimana tidak, jika banyak problem yang ditemukan -hampir- selalu tidak bisa diketahui pasti penyebabnya, hanya sekedar pemberitahuan normatif bla..bla..bla.. Kemudian setelah mengikuti langkah-langkah yang direkomendasikan pun problem tetap belum teratasi secara memuaskan. Atau .. jika kita butuh waktu berjam-jam untuk download patch dari web-site microsoft untuk memperbaiki program komputer kita. Dan patch ini hanya menyelesaikan masalah yang lalu dan
biasanya memproduksi masalah baru lagi. (Jika kita memakai pc di kantor, mungkin tidak begitu terasa. Namun jika pakai pc pribadi dan koneksi internet dengan biaya pribadi, bisa dibayangkan ongkos yang dikeluarkan untuk mengikuti gayanya microsoft ini)

Worm.MSBlast.A hanyalah perpanjangan cerita tentang petualangan para pembuat virus, yang selalu selangkah di depan pembuat serum. Pembuat virus sudah menjadi -semacam-legenda, seperti halnya para hacker dan cracker. Kita sah-sah saja membuat berbagai macam analisa tentang para viruser, hacker, maupun cracker. Kita juga boleh mengira-ngira apa motif serta tujuan para 'petualang' yang bisa saja bermacam-macam itu. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri, para 'petualang' tersebut ada dan merupakan bagian dari kehidupan kita, yang sepertinya semakin sulit dipisahkan dari dunia cyber.

Worm.MSBlast.A seperti sebuah tamparan. Tamparan yang menyakitkan kala pertama mendarat. Namun kemudian terasa biasa-biasa saja, bahkan bisa membuat tersenyum saat mulai bisa dipahami bahwa dia tidak berdiri sendiri, melainkan bagian dari lantunan irama kehidupan. Dan sebagai reaksi, jika memungkinan ketemu sama si pembuat Worm itu, bolehlah pertama-tama kita jitak. Setelah itu salami, terus kita traktir makan sate.

13 Agustus 2003

No comments: